Menjadi sukses adalah impian setiap orang, walaupun terkadang tidak semua orang berhasil dalam mencapainya. Pada masa yang akan datang pencapaian individu tergantung pada kemampuan yang dimilikinya secara personal. Tidak bisa dipungkiri mereka harus menguasai berbagai hal untuk menjadi orang yang berhasil dalam setiap pekerjaannya. Salah satunya adalah dalam bentuk pelatihan-pelatihan khusus baik secara individu maupun secara lembaga.

SMP Kristen Kalam Kudus salah satu contoh lembaga yang telah melakukan pelatihan  dasar kepemimpinan pengurus Osis. Dimana kegiatan tersebut merupakan salah satu program dari kesiswaan / OSIS yang dilakukan secara berkala setiap tahunnya. Dalam kegiatan tersebut para siswa khususnya pengurus osis akan dilatih oleh para narasumber  ( pembimbing ) untuk menjadi pemimpin dalam kegiatan osis di sekolah. Kegiatan pelatihan dasar kepemimpinan ini diadakan pada hari Sabtu, 17 November 2018, pukul 7.00 wib – 17.30. wib di Taman Alam Mayang Bukit Raya – Pekanbaru, yg diikuti oleh siswa sebanyak 55 ( limapuluh lima ) orang yang terdiri dari seluruh pengurus osis dan juga siswa kelas 7,8 dan 9 .  Kegiatan LDK ini dibagi dalam empat sesi, yaitu :

  1. Sesi 1 : Pemimpin dalam Iman Kristiani oleh Elysabet, S. PAK  ( Kepala Sekolah SMP Kalam Kudus Pekanbaru )2
  2. Sesi 2 : Pemimpin yang berkarakter oleh Dyah. WWW. M.Pd ( Waka. bidang Kesiswaan )
  3. Sesi 3 : Pelatihan dasar Baris Berbaris (PBB) oleh Herizon M,S.Pd (Guru)
  4. Sesi 4 : Halang Lintang oleh Lusiana Siahaan,ST beserta team (Waka.bidang Humas)

Selain itu demi keberhasilan LDK ini dibentuk kepanitian pada bidang peralatan dikordinir oleh Oneta,Amd dengan team (waka. Bidang Sarpras), Kosumsi Ramaulida,S.Pd dengan team (waka.bidang Kurikulum), Bendahara oleh Lisbet Hutagaol,S.Pd (Bendahara BOS), pelaksanaan di lapangan dikordinir oleh Sarpat Silaban,S.Pd dan Leni Desi,S.Pd(Pembina OSIS dan Kordinator bidang kepemimpinan OSIS)

Para narasumber tersebut akan memberikan berbagai konsep  materi kepemimpinan dasar kepada peserta sehingga akan tercipta kaderisasi kepemimpinan yang benar dan intelektual dan timbulnya jiwa-jiwa kepemimpinan yang baru. Semua materi dipersiapkan oleh masing-masing nara sumber, sehingga didalam pelaksaaannya terdapat sinkroniasi materi antara para  nara sumber dengan baik.

Dengan semangat yang besar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar aman tanpa ada kendala didalam pelaksaaanya. Para peserta sangat tertarik dengan berbagai bentuk acara yang telah disusun dengan baik sehingga sampai akhir acara kegiatan tersebut semua peserta LDK  bersukacita pulang dengan mendapatkan satu pengalaman baru.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *